Keutamaan Surat Al Mulk dan Al Waqiah

Keutamaan membaca surat al mulk dan al waqiah
freepik.com

Keutamaan surat al mulk dan al waqiah adalah salah satu keberkahan yang perlu kita ketahui, sebagaimana kita tahu bawah Al-Quran adalah salah satu mukjizat yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah dan menjadi kitab suci yang tetap terjaga ke asliannya dengan surat-surat yang tercantum dalam kitab suci.

Setiap suratnya memiliki isi kisah, ilmu pengetahuan serta khasiat khusus yang bila diamalkan dengan baik, niscaya mendatangkan banyak kebaikan.

Dari sekian banyak surah di dalam Alquran, ada beberapa surah yang memiliki keistimewaan tersendiri dan dianjurkan untuk diamalkan membacanya. Contoh dari beberapa surah istimewa tersebut adalah Al-Waqiah dan Al-Mulk.

Ada banyak kebaikan dan keberkahan yang bisa di dapatkan ketika kita memahami keutamaan membaca surat almulk dan al waqiah.

Keutamaan Surat Al Mulk dan Al Waqiah

Contents

Kita semua pernah mengalami situasi di mana kita mendapati diri kita harus melalui sesuatu yang tidak kita sukai. Tetapi perlu melalui beberapa jenis perjuangan dan kesulitan untuk mendapatkan manfaat dan menghargai apa yang kita miliki.

Seringkali kita dapat melakukan dosa besar karena masalah kecil. Sampai mungkin tidak ingat alasan mengapa mulai melakukannya, dan kesombongan mengambil alih karena tidak ada yang mau mundur.

Maka dari itu ada banyak amalam yang bisa kita lakukan untuk menjadi lebih baik, baik itu di dunia ataupu di akhirat, setiap tindakan kecil yang kita perjuangkan di jalan Allah adalah bentuk komitmen kita menuju jalan kebaikan.

Salag satu amalan yang bisa kita kerjakan menjadi bentuk komitmen kita untuk dunia dan akhirat adalah membaca surat Al Mulk dan Al Waqiah di setiap malam sebelum tidur, seperti yang di sabdakan oleh Rasulullah.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Satu surat dalam Alquran (yang terdiri dari) tiga puluh ayat (pada hari kiamat) akan memberi syafaat (dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu surat Al-Mulk): “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Hadis di atas jelas menyatakan bahwa surah Al-Mulk memiliki keistimewaan pengampunan dosa di sisi Allah bagi orang-orang yang membacanya. Maka dari itu, hendaklah kita merenungkan hadis tersebut dan mengamalkannya.

  1. Menjadi penghalang dari siksa kubur
  2. Surat yang dibaca Rasulullah sebelum tidur
  3. Menjadi pembela seorang hamba di akhirat sampai dia masuk surga
  4. Memberikan syafaat dan ampunan bagi yang membacanya

 

Keutamaan Surat Al Waqiah

من قرأ سورة الواقعة كل ليلة لم تصبه فاقة

Artinya:

Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah setiap malam, maka tidak akan menimpa kemiskinan

Terhindar Dari Sikap Lalai

Salah satu keutamaan surat ini adalah bisa menghindari dari sikap lalai. Sebagaimana dalam sebuah riwayat hadits dari Ubay bin Ka’ab bahwa Nabi Muhammad pernah berkata:

Barang siapa yang membaca surat Al-waqiah, maka ia akan dicatat sebagai orang yang tidak lalai

Mengetahui Ahli Surga

Barang siapa yang rajin membaca surat ini, maka akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat. Hal ini sebagaimana dalam hadist Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

“Barang siapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqiah. Dan barang siapa yang ingin melihat neraka dan sifatnya, maka bacalah surat As-Sajadah.”

Memiliki Wajah Yang Bercahaya

Dalam hal ini Imam Muhammad Al-Baqir pernah berkata:

Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, maka dia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.

Jadi barang siapa yang rajin dan tekun dalam membaca surat ini, walaupun tidak mengetahui artinya. Maka akan memiliki wajah yang bercahaya seperti cahaya bulan purnama.

Tidak Akan Ditimpa Kefakiran

Point ini diambil dari sebuah pertanyaan Abdullah bin Mas’ud bahwa Nabi Muhammad pernah berkata:

“Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah, maka ia tidak akan tertpimpa oleh kefakiran selamanya”

Dari hadits tersebut, Nabi Muhammad telah mengajarkan kepada umatnya, bahwa jika kita selalu istiqomah dalam suatu pekerjaan. Maka insya Allah, Allah akan mengabulkan apa yang kita inginkan, contohnya seperti harta.

Namun perlu dicatat, bahwa kekayaan yang didapat merupakan kehendak Allah, bukan karna kerasnya kerja kita. Oleh karna itu, kita harus menyeimbangkan antara ikhtiar dan doa sebagai kuncinya.

Selalu Mengingat Kematian

Kematian merupakan rahasia Allah yang tidak kita ketahui, baik itu berakhir husnul khatimah atau sebaliknya.

Dengan kita memahami keutamaan membaca surat Al mulk dan al waqiah kita akan senantiasa menjaga iman kita serta melindungi diri kita dari kekafiran. Maka hendaklah membaca surat Al-Waqiah dengan hati yang terbuka. Agar kita selalu mengingat tentang kematian. Dengan itu, kita bisa mempersiapkan diri sebelum ajal menjemputnya